Rimbanusa.id – Firma riset pasar smartphone Canalys mempublikasikan laporan terbaru mengenai 15 smartphone flagship paling laris di kuartal I 2023. Smartphone flagship yang dimaksud adalah perangkat premium dengan harga di atas 500 dolar AS atau sekitar 7,4 juta rupiah.
Dalam laporan tersebut, empat vendor berhasil masuk dalam daftar ini, yaitu Apple, Samsung, Xiaomi, dan Huawei. Namun, mayoritas smartphone flagship terlaris berasal dari Apple dan Samsung, masing-masing dengan enam model.
Berdasarkan data Canalys, peringkat pertama smartphone flagship terlaris di dunia pada periode Januari-Maret 2023 diduduki oleh iPhone 14 Pro Max. Di posisi kedua dan ketiga ada iPhone 14 Pro dan iPhone 14.
Samsung Galaxy S23 Ultra 5G berada di posisi keempat dan menjadi smartphone Android terlaris di dunia. Sedangkan iPhone 14 Plus menempati posisi kelima.
Dari daftar lima besar, keempat model dari seri iPhone 14 berhasil meraih posisi dalam daftar smartphone flagship terlaris di dunia. Samsung Galaxy Z Flip 4 berada di peringkat kesepuluh dan menjadi smartphone lipat terlaris di dunia pada kuartal I 2023.
Selain Apple dan Samsung, Xiaomi juga menyumbang satu model dalam daftar dengan Xiaomi 13 berada di posisi ke-13. Huawei juga masuk dalam daftar dengan model Huawei Mate 50 di posisi ke-14.
Berikut adalah daftar 15 smartphone flagship terlaris di dunia pada kuartal pertama 2023 versi Canalys:
1. iPhone 14 Pro Max
2. iPhone 14 Pro
3. iPhone 14
4. iPhone 13
5. Samsung Galaxy S23 Ultra
6. iPhone 14 Plus
7. Samsung Galaxy S23
8. iPhone 12
9. Samsung Galaxy S23 Plus
10. Samsung Galaxy Z Flip 4
11. iPhone SE generasi ke-3
12. Galaxy S22
13. Xiaomi 13
14. Huawei Mate 50
15. Galaxy S21 FE 5G
Meskipun laporan Canalys tidak memberikan detail persentase kontribusi masing-masing smartphone dalam pengiriman pada kuartal pertama 2023, pasar smartphone premium/flagship (harga 500 dolar AS atau lebih) secara umum mengalami pertumbuhan sebesar 4,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/YoY).
Laporan dari GSMArena menekankan bahwa mayoritas daftar smartphone flagship terlaris di dunia berasal dari Apple dan Samsung, hal ini dapat dipahami mengingat kedua vendor ini memiliki pasar yang lebih luas dibandingkan dengan vendor lainnya. Sebagai perbandingan, Google hanya memasarkan smartphone flagship Pixel 7 di 17 negara, sedangkan Oppo hanya memasarkan ponsel lipat premium mereka, Oppo Find N2, di China saja. (Sumber: GSM Arena/kompas.com/Galuh Putri Riyanto)
Editor: Fuad