Benarkah Barang Hilang di Bus Jadi Tanggung Jawab Penumpang? Berikut Tanggapan PO Rosalia Indah

Bus Rosalia Indah. (Foto: Instagram @adiputro_official)

Rimbanusa.id – Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah mendapat sorotan terkait adanya barang-barang penumpang yang hilang. Pengalaman yang tidak menyenangkan ini salah satunya dialami oleh Widino Arnoldy alias Dino yang kehilangan barang iPad miliknya di dalam bus.

Baru-baru ini, Dino membagikan pengalaman buruknya saat menjadi penumpang bu Rosalia Indah rute Wonosobo-Jakarta, Selasa (19/12). Bus dengan nomor lambung 372 itu ia tumpangi sejak pukul 15.00 WIB dan tiba di Ciputat, Jakarta, Kamis pukul 04.00 WIB.

“Sampai Ciputat agak aneh resleting (tas) ga bisa dibuka, baru sampai rumah saya buka ambil pouch iPad isinya buku Yellow Pages dan keramik,” kata Dino, Rabu (20/12)

Meski terdapat penumpang yang kehilangan barang, pihak PO bus mengatakan barang hilang dalam bus Rosalia Indah bukan tanggung jawabnya. Hal ini tercantum dalam e-tiket bus Rosalia Indah yang disetujui oleh penumpang saat membeli tiket perjalanan.

Akibat kejadian ini, Dino rugi hingga Rp 10 juta. Terkait hal itu, manajemen Rosalia Indah meminta maaf.

Menanggapi hal ini, Tulus Abadi selaku Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengatakan, PO Rosalia Indah semestinya membayar ganti rugi ke konsumen yang kehilangan barang.

“Seharusnya pihak manajemen Rosalia tetap mengganti rugi pada konsumen,” ucap Tulus.

Tulus menilai, kejadian tersebut merupakan bentuk kegagalan PO Rosalia Indah dalam memastikan keamanan dan kenyamanan terhadap penumpang. Padahal, kata dia, dua hal itu merupakan hak dasar panumpang yang harus dipenuhi.

Pemansangan kamera pemantau atau CCTV di dalam kendaraan menurut Tulus dapat dijadikan alternatif agar seluruh aktifitas penumpang dan pengemudi bisa terpantau dengan jelas.

Tulus juga menyampaikan kritik terhadap pihak lain, yakni PT KAI yang menyebut kehilangan barang merupakan tanggung jawab penuh penumpang.

“Ada atau tidak ada regulasinya, seharunya menjadi concern manajemen PO bus, demi menciptakan rasa aman. Karena, kejadian ini bukan kali pertama, termasuk di KA eksekutif. Nah, manajemen KA memasang CCTV, sehingga si malingnya bisa ditangkap,” pungkas Tulus.

Pernyataan Rosalia Indah soal Kasus Barang Hilang

PO Rosalia Indah memberi pernyataan lengkap yang di unggah di akun media sosial Instagram PO Rosalia Indah.

Dalam pernyataan itu, PO Rosalia Indah mengatakan turut prihatin dan bersimpati terhadap kejadian tidak menyenangkan yang dialami oleh Dino. Manajemen PO Rosalia Indah juga tidak membenarkan adanya tindak pencurian dalam armada.

Selain itu, perwakilan manajemen juga telah menyampaikan permohonan maaf langsung kepada penumpang terkait atas tanggapan yang kurang tepat dari contact center PO Rosalia Indah saat menerima laporan pencurian.

PO Rosalia Indah melakukan tiga aksi cepat dalam merespon kasus ini, pertama melakukan komunikasi langsung dengan pengguna jasa terkait, melakukan investigasi kepada awak bus, dan mengambil tindakan tegas apabila ada bukti keterlibatan awak bus dalam kasus pencurian ini.

“Rosalia Indah meminta maaf atas kejadian yang menimpa pengguna jasa setia kami dan berkomitmen untuk menyelesaikan proses investigasi yang sedang berlangsung,” tulis PO Rosalia Indah. (Sumber: detikOto/Septian Farhan Nurhuda)

Editor: Bintang